“Stalk-eyed Fly” Serangga yang membuat saya penasaran

Posted on Updated on

stalk-eyed-fly-beauty-LR1 Sumber gambar: klik di sini 487 Sumber gambar: klik di sini

“Stalk-eyed Fly” atau nama lainnya Lalat Mata Bertangkai merupakan serangga yang unik dan menarik. Serangga ini masuk ke dalam famili Diopsidae, Ordo Diptera. Dia memiliki mata yang posisinya terletak di ujung tangkai yang cukup panjang di bagian caput (kepala)-nya (seperti pada gambar). Serangga ini banyak ditemukan di seresah-seresah atau buah busuk, dan tempat yang lembab.
Aku pertama kali melihat secara langsung, saat sedang pergi ke Gua Kiskendo, Kulonprogo tanggal 31 Maret 2014 lalu. Di dekat pintu masuk gua, ada beberapa buah yang mulai membusuk, dan di sana terlihat “Stalk-Eyed Fly” ini. Sebelumnya aku pernah membaca tentang serangga ini saat masih menempuh studi S1-ku dulu, tapi untuk melihatnya secara langsung baru kemarin itu.
Ternyata serangga ini memang keren dan unik. Seperti punya “stang” di kepalanya, dimana di ujungnya ternyata adalah matanya. Serangga ini cukup sulit untuk difoto, karena aktif bergerak. Menurut Sopian & Hidayat (2006) dewasa serangga ini merupakan penerbang yang buruk dan hanya sekali-sekali saja terbang dengan jarak yang pendek. Memang serangga ini terbang dengan jarak yang pendek, tapi karena cukup aktif, aku kesulitan untuk mendapatkan gambarnya.
Serangga ini awalnya diketahui umum tersebar di Afrika, tapi ternyata di Indonesia juga sudah ada. Beberapa jenis serangga ini bersifat saprofag yang hidup pada serasah atau tempat lembab, beberapa jenis yang lain diketahui menjadi hama pada padi dan gandum (Kotrba, 1996 cit Sopian & Hidayat, 2006). Serangga ini tersebar di daerah dengan berbagai ketinggian, dapat ditemukan di dataran rendah sampai dataran tinggi (Sopian & Hidayat, 2006). Yup, Si “Stalk-eyed Fly” telah dengan sukses menarik perhatianku. Semoga dia (Si “Stalk-eyed Fly” ) juga menarik perhatianmu juga. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

Sopian & P. Hidayat. 2006. Jenis dan Habitat “Lalat Mata Bertangkai” (Diptera: Diopsidae) Di Bogor.Jurnal Entomologi Indonesia 3(2): 94-103.

Bulaksumur, 02 April 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s