Dawet Sambel Giri Mulyo

Posted on

image

Weekend ini, Sabtu-Minggu 5-6 April 2014, aku mengikuti field trip praktikum taksonomi serangga dewasa di daerah sekitar gua Kiskendo, Giri mulyo, Kulonprogo.  Ternyata di Kulonprogo masih ada tempat yang keren dan sayang kalo tidak dikunjungi. Sebagai pecinta serangga, acara ini merupakan salah satu acara yang kusukai dan kalau ada kesempatan aku selalu ingin mengikutinya. Kali ini,aku mau mengulas tentang kuliner yang kutemui di sana. Salah satunya yang menarik perhatianku adalah “Dawet Sambel”. Dari namanya aja sudah membuat penasaran dan aneh. Dawet identik dengan rasa manis dan biasanya untuk makanan penutup, kok dipadukan dengan sambel yang biasanya dimakan dengan nasi dan lauk. Sungguh aku jadi penasaran bagaimana rasanya dawet dicampur sambel. Sebagai penikmat kuliner, nama kuliner yang satu ini membuatku sangat penasaran. Yup, Sabtu malam akhirnya kucicipi juga rasa dari nama masakan yang tidak biasa ini menurutku.
Hmm, pertama makan aku agak ragu, dan bertanya-tanya nyambung gak sih rasanya…. dan ternyata… hmm yummy rasanya pas dan enaaaaaak.  Rasa dawet yang terbuat dari tepung garut berpadu dengan suksesnya dengan sambel yang manis pedas dan gurih. Rasanya segar, pedas, manis, gurih, dan mantap. Dawet dicampur dengan kuah air gula kelapa (nira kelapa rebus), dengan tambahan kecambah rebus, dan potongan tahu goreng ditambah sambelnya yang terbuat dari cabai, kacang, kelapa muda parut, gula kelapa. Mantap, rasanya pedas manis, dan cocok. Sungguh diluar dugaanku, dan aku suka… Dawet identik dengan makanan manis, ternyata cocok dicampur dengan kecambah, tahu, dan sambalnya, tak lupa taburan bawang goreng yang membuat makin mak nyuuuuus. Kuliner satu ini memang top deh, dan bisa kubilang anti mainstream, patut untuk dicoba. Jika berkunjung ke gua Kiskendo, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini, dijamin bakalan suka. (^_^)b

Tinggalkan Balasan

