Evaniidae, Tabuhan yang Mulai Sulit Ditemui

Posted on Updated on

Beberapa waktu yang lalu, aku baru tahu kalau serangga imut yang dulu suka kutemui di dinding kamar mandi adalah termasuk famili Evaniidae. Serangga ini lucu, suka mengetuk-ketukkan antenanya di dinding kamar mandi. Kukira memang begitulah perilakunya, dan ternyata kini baru kutahu kalau Evaniidae adalah salah satu parasitoid telur kecoa, atau musuh alaminya kecoa. Wah, ternyata dibalik perilakunya itu, Evaniidae sedang mendeteksi keberadaan telur kecoa.
wpid-img_20140508_133806.jpg (Hymenoptera: Evaniidae) (dokumentasi pribadi)

Evaniidae memiliki abdomen yang kecil, dengan bagian thoraxnya seperti berbentuk kubus, lalu sepasang kaki terakhirnya lebih panjang dari yang lainnya. Awalnya Evaniidae kukira sejenis lalat, ternyata masuk dalam ordo Hymenoptera atau lebah atau tabuhan. Setelah kulihat memang Evaniidae memiliki dua pasang sayap, jika lalat hanya memiliki sepasang sayap depan. Evaniidae yang kulihat berwarna hitam gelap.
wpid-img_20140508_133456.jpg (Kiri: Evaniidae betina, Kanan: Evaniidae Jantan) (dokumentasi pribadi)

Sekarang ini, entah mengapa serangga ini sulit ditemui. Tapi, beruntungnya aku, beberapa hari lalu aku menemukan sepasang. Yang betina ternyata ukurannya lebih besar dibandingkan serangga jantan. Ada beberapa isu yang kudengar terkait semakin sulitnya menemukan serangga ini. Yang pertama, karena banyaknya kamar mandi yang dipasangi keramik dan sering dibersihkan. Yang kedua, kecoa mulai jarang karena sudah banyak digunakan obat pembasmi kecoa. Yang ketiga, karena obat pembasmi itu ternyata juga meracuni Evaniidae juga, sehingga makin jarang dijumpai. Sampai sekarang aku belum menemukan bukti yang menguatkan isu tersebut. Tetapi, ketiga isu tersebut mungkin saja benar terjadi, perlu penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Ternyata benar, apa yang pernah kudapatkan waktu kuliah dulu. Beberapa perilaku manusia terkait dengan penggunaan bahan kimia dalam mengendalian suatu jenis serangga yang mereka anggap sebagai hama, telah mampu membuat serangga yang bukan sasaran juga terkena imbasnya. Jika kegiatan semacam ini kita terus lakukan, bukan tidak mungkin banyak spesies serangga bermanfaat seperti dari famili Evaniidae ini akan punah. Jadi, mulailah bijak dalam menggunakan bahan kimia dalam mengendalikan populasi beberapa serangga hama. Karena jika salah tindakan malah akan membuat punah serangga lain yang bermanfaat, seperti famili Evaniidae ini. Cerita tentang dunia serangga memang menarik dan mengasikkan buatku, bagaimana dengan Anda? Terimakasih sudah mampir, dan membaca tulisanku. (^_^)b

Yogyakarta, 8 Mei 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s