Cemilan “Tembro” Khas Girimulyo

Posted on Updated on

Saat berkunjung ke Gua Kiskendo di Girimulyo, Kulonprogo beberapa waktu lalu, aku sempat mencicipi penganan khas di sana. Aku lupa nama aslinya, tapi aku menyebutnya “Tembro” alias tempe ing jero, atau adonan tempe yang dibungkus kulit dari bahan pembuat “Geblek” (penganan khas Kulonprogo). Penganan satu ini pas dan cocok dimakan sebagai teman minum teh atau kopi. Rasanya yang dominan gurih, membuatku tak hanya makan satu biji saja (hahahaha, ketahuan hobi makan,:p).

wpid-img20140405004.jpgwpid-img20140405005.jpg
Ini nih penganan “Tembro”, cemilan yang cocok untuk teman minum teh atau kopi. Hmmmm yummy…

geblek
Kalo yang ini “Geblek”, penganan khas Kulonprogo. (^_^)b

Menurutku “tembro” itu adalah modifikasi dari “geblek”. Kalo “geblek” kan tanpa isian, dan biasanya dimakan dengan tempe benguk. Nah, “Tembro” ini memudahkan yang makan, karena adonan “Geblek”nya udah diisi tempe, meski bukan tempe benguk, hanya tempe kedelai biasa. Dan rasa keduanya tetep enak, meski ada rasa agak asem. Kenyal, kaya makan “cilok” atau lebih mirip ke “cireng”, dengan tambahan rasa agak asem. Yang pasti, rasanya cocok ma lidahku. Kalau berkunjung ke Kulonprogo, jangan lupa mencicipi juga cemilan khas di sana (Geblek dan Tembro). Ternyata nulis tentang cemilan, bikin laper euy, #eh. (ketahuan banget hobinya makan). Cari cemilan yuk! (mulai memprovokasi nie, udah jam ngemil soalnya, :p). Oke, nyari cemilan dulu ya, sampai ketemu lagi.

Yogyakarta, 04 Juni 2014
@mayhpt06

Iklan

4 thoughts on “Cemilan “Tembro” Khas Girimulyo

    mawi wijna said:
    Juni 4, 2014 pukul 4:55 pm

    Itu makanan nama kerennya Gembel, hehehe

    Pas ke Kiskendo mampir ke air terjun nggak?

      mayhpt06 responded:
      Juni 4, 2014 pukul 6:17 pm

      Wee, namanya “Gembel”, wah emang unik namanya, tapi enak rasanya
      Sayang, aku baru maen ke gua aja, hehehehe

    Dita said:
    Juni 5, 2014 pukul 6:08 am

    Haloo salam kenal :D. Aku pernah nyicipin yang namanya geblek ituuu :D. emang makanan-makanan “kulonan” itu punya ciri khas tersendiri, yaa :D.

    Kak, mau followback blog aku enggak?:D. http://ditamaa.blogspot.com/ :). Makasih sebelumnyaaa :).

      mayhpt06 responded:
      Juni 5, 2014 pukul 3:15 pm

      Salam kenal balik, iya ciri khasnya itu yang bikin ngangenin. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s