I Stand by You

Posted on Updated on

Hari ke-13
Yogyakarta, 11 Februari 2015

To: Mz Totoro
Di manapun berada

Dear Mz Totoro,
Bagaimana keadaanmu? Sudah lebih baik kan? Kuharap dirimu selalu dalam keadaan yang baik. Masih teringat di kepalaku, bagaimana tampang hancur dan terpurukmu kemarin-kemarin. Aku memang belum pernah merasakan apa yang saat itu kau rasakan. Tapi aku bisa membayangkannya. Sakit pasti, dan tak mudah untuk dihadapi. Dan aku hanya mencoba untuk menguatkanmu kala itu. Ya, itulah yang kumampu, hanya mencoba untuk terus menyemangatimu.
Mz Totoro, selama kita masih hidup selama itu pulalah masalah akan terus menjumpai kita silih berganti. Gak bisa kita hindari, hanya bisa dihadapi meski butuh ekstra perjuangan yang tidaklah mudah. Tapi pasti akan ada jalan keluar dari setiap masalah itu, hanya mungkin tidak gampang menemukannya.
Aku juga bukan orang yang tak pernah dapat masalah, tapi aku selalu menganggap masalah itu adalah bagian dari ujian kenaikan kelas, yang tiap tingkatan yang lebih tinggi semakin tidak mudah untuk menjawab soal tersebut. Tapi aku juga percaya bahwa tak ada soal tanpa kunci jawaban. Setiap soal pasti punya kunci penyelesaiannya, tinggal ditemukan dan terus dihadapi saja. Tak perlu lari dari masalah, karena semakin lari, masalahnya akan semakin banyak, dan malah akan sulit untuk menyelesaikannya.
Mz Totoro, aku yakin kamu bisa menghadapi dan menyelesaikan semua masalahmu. Dan meskipun aku tak dapat membantumu, aku akan terus mencoba untuk tetap berada di sisimu. Menurutku, saat aku sendiri dalam keadaan terpuruk aku juga ingin ada orang di sisiku meski dia tak dapat membantuku menyelesaikan masalahku, tapi bagiku keberadaannya di dekatku sudah membuatku lebih baik. Jadi kuharap meski aku tak dapat memberikan bantuan apapun, kuharap keberadaanku di sisimu akan membuatmu lebih baik. Aku mencoba untuk selalu dapat menjadi orang yang mampu berada di sisimu. I Always Stand by You, whatever your conditions, I’ll stand by you.

Dariku yang mencoba selalu berada di sisimu
Maylia Rachmawati

Tinggalkan Balasan

