Just Say It

Posted on Updated on

Hari ke-16
Yogyakarta, 14 Februari 2015

Kepada: Pak Kumis Berkacamata
Di tempat terindah di sisiNya

Dear pak Burhan,

Melalui surat ini, aku memberanikan diri mengungkapkan sesuatu yang selama ini aku

pendam. Pak Muhammad Burhanudin Toha, meski kini bapak tak lagi bisa membaca dan juga membalas suratku, aku tetap ingin menuliskannya untuk bapak.
Aku mengenal bapak tak lama, sosok bapak yang selalu tenang dan ramah mengingatkanku pada Bebe, ayahku yang lebih dulu menghadap pada Sang Pencipta. Karenanya aku suka ngobrol dan berdiskusi dengan bapak. Bapak adalah guru, teman, dan teladan bagiku dalam menuntut ilmu dan juga berhubungan dengan orang lain. Bapak mengajariku untuk bersikap lebih baik. Bapak, adalah orang yang sangat sabar dalam  menghadapi rekan-rekan bapak, dan juga sikapku yang kadang kurang sopan.
Pak Burhan, masih ingat pertengahan tahun lalu, kelompok mahasiswa yang bapak bimbing  melakukan praktikum lapangan? Dari situlah, aku mulai paham bagaimana karakter bapak. Dan dari situ pula, aku melihat figur Bebe yang kurindukan pada diri bapak. Bedanya Bebe dengan bapak adalah, Bebe bukan perokok, dan bapak perokok aktif. Dan setiap kali bapak merokok aku tak berani mendekat, karena aku menghindari asap rokok. Jadi, jika ingin ngobrol dengan bapak, aku menunggu bapak selesai menghisap tembakau bakar dalam gulungan itu terlebih dahulu.

image
Pak Burhan dari samping, Kiskendo, GiriMulyo pertengahan 2014

Pak Burhan, kemarin (hari Jum’at, 13 Februari 2015, menjelang Isya), aku mendapat telpon yang sangat mengejutkan dan juga membuatku sedih. Aku mendengar kabar kepulangan bapak ke hadapan Sang Pencipta. Rasa hatiku, campur aduk gak karuan, bingung, sedih, rindu, dan mencoba untuk tetap tenang. Aku jadi teringat Bebe, aku teringat pak dheku yang juga sudah kembali ke sisiNya. Aku merasa tidak percaya, bapak tidak menunjukkan gejala sakit, ini sungguh sangat mendadak. Bahkan aku berpikir kalau berita yang kudengar itu hanya gurauan, tapi ternyata hal itu benar. Bapak telah pergi, menghadap Yang Kuasa, meninggalkan kami untuk selama-lamanya.
Sekali lagi aku kehilangan bapak. Bapak memang bukan bapak kandungku, bapak juga bukan keluargaku. Tapi bagiku bapak sudah seperti bapakku sendiri, sehingga aku merasa begitu kehilangan. Aku mencoba untuk menerima ini, aku mencoba untuk menerimanya. Sekali lagi hilang seorang figur Ayah dalam hidupku. Pak Burhan, bapak berkumis yang ramah, bersahaja, penyabar dan selalu berbagi ilmu dengan kami. Aku akan sangat merindukan sosokmu pak. Selamat jalan pak Burhan, selamat jalan ke peraduan terakhirmu, selamat berjumpa dengan Sang Penciptamu. Semoga bapak beristirahat dengan tenang, damai, diampuni segala dosa dan diterima segala amal bapak, (aamiiin). Aku hanya ingin mengatakan, (just say it) bahwa aku menganggap bapak seperti bapakku sendiri, dan kuharap bapak juga menganggapku seperti putrimu sendiri. Aku menyayangi bapak seperti aku menyayangi dan juga menghormati Bapakku sendiri. Selamat jalan pak, selamat tinggal, semoga doa-doaku, doa-doa kami, jadi penerang di peristirahatan terakhir bapak.

image
Foto rame-rame bareng pak Burhan, di depan Gua Kiskendo, Girimulyo, Kulonprogo

Dariku yang menghormati bapak
Maylia Rachmawati

Nb: aku akan sangat-sangat merindukan bapak, candaan bapak, cerita-cerita bapak. Lab. pasti bakal sepi tanpa bapak, tapi aku akan mencoba tegar menghadapinya.

Iklan

2 thoughts on “Just Say It

    eqoxa said:
    Februari 14, 2015 pukul 9:53 am

    semoga pak Burhan mendapat banyak kemudahan menujuNya yaaa
    semangattttt
    -ikavuje

      mayhpt06 responded:
      Februari 14, 2015 pukul 10:19 am

      Aamiiiiin, insyaAllah kak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s