Alhamdulillah Ramadhan 1436H

Posted on Updated on

Alhamdulillah, bulan Ramadhan segera tiba dalam hitungan hari dan jam. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk berjumpa kembali dengan bulan penuh berkah

bagi umat Islam. Berpuasa, menahan haus, lapar, dan hawa nafsu dari terbit fajar hingga matahari tenggelam selama sebulan penuh (kalau bisa). Setiap tahun, aku berharap agar bisa berjumpa dengannya dan mampu menjalankan puasa sebulan penuh (agak sulit kulakukan karena ada keistimewaan kaum perempuan-menstruasi-).
Dan yang pasti Ramadhan tuh selalu menyenangkan, ada banyak hal luar biasa yang akan terjadi (Alhamdulillah). Meski ada kejadian sedih di bulan suci beberapa waktu lalu, anggota keluargaku ada yang diminta kembali oleh Sang Empunya hidup, termasuk bapakku, yang meninggal pada 25 Ramadhan 1433H. Dan juga kakak bapakku, pak dhe Nar yang meninggal pada 7 Ramadhan 1435H. Dibalik semua kisah sedihku di bulan ini, bulan Ramadhan merupakan bulan paling menyenangkan dan menakjubkan yang pernah terjadi dalam hidupku.
Di Bulan ini, sering aku merasa banyak kesulitan yang dimudahkan, banyak doa yang terdengar, dan banyak ta’jil gratisan (oops, ketahuan kelakuan anak kosnya (maaf)). Meski siang hari menyengat, Alhamdulillah kalau puasa insyaAllah tak terasa berat. Dan yang paling kusuka, tidur lebih baik daripada bergosip (alasan buat malas-malasan (mohon jangan ditiru)). Tapi yang paling baik, ya tetap melakukan kegiatan bermanfaat seperti biasanya. Yang bekerja ya harus bekerja, yang sekolah ya harus sekolah. Yang belajar ya tetap harus belajar.
Tahun ini, aku mulai belajar pola makan baru (meski masih sering gak disiplin). Aku belajar untuk ber-food combining. Dan rencananya, aku mau nyoba tetap berFC selama puasa ramadhan tahun ini (semoga lebih disiplin). Dari sumber yang kupercaya ada beberapa hal yang dilakukan para pelaku FC selama berpuasa.
Pertama pada saat sahur, bangun tidur minum segelas air hangat plus perasan jeruk nipis atau lemon atau limau. Dilanjutkan dengan sarapan buah. Tiga puluh menit kemudian makan karbo+sayur atau eksklusif makan buah aja (dua porsi buah segar). Jangan lupa untuk minum air putih 600ml hingga waktu imsyak.
Kemudian saat berbuka puasa, minum air putih hangat. Dilanjutkan makan buah, setelah sholat Magrib makan besar (karbo+sayur atau protein hewan+sayur) dengan porsi cukup. Setelah sholat terawih memenuhi kebutuhan air tubuh 1500ml hingga menjelang tidur malam. Kira-kira seperti itulah rencanaku, entah akan berhasil atau tidak. InsyaAllah aku akan menulis laporannya setiap hari selama bulan puasa. Dan akan kuceritakan juga bagaimana kondisi tubuhku, saat menjalankan FC selama ramadhan. Doakan aku ya, semoga mampu menjalankan rencanaku, (aku mau mencoba melakukan penelitian kecil terhadap kesehatanku). Terima kasih sudah mampir. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1436H, bagi saudaraku yang menjalankannya. Salam hangat dariku semuanya.

Yogyakarta, 16 Juni 2015
@MayHpt06

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s