Garang Asem Ayam Kampung ala Mamake Inyong

Posted on

Salah satu kuliner buatan Mamake yang paling kurindukan kalaku nun jauh di perantauan adalah Garang Asem Ayam Kampung buatan Mamake. Kuliner satu ini cukup mudah pembuatannya, dan bisa dicoba di rumah. Seperti apa bentuk dan rasa kuliner satu ini, yuk terus dibaca ya tulisanku kali ini.

image

Bahan yang wajib dan kudu ada adalah Ayam Kampung dan daun pisang (paling bagus daun pisang kluthuk (aromanya khas)). Bumbunya terdiri dari bumbu untuk kaldu, bumbu yang di’gongso’, dan bumbu yang dipotong untuk ditambahkan pada saat mengkukus. Bumbu untuk kaldu: daun salam, lengkuas, garam, dan sedikit gula. Bumbu yang di’gongso’: bawang putih, bawang merah, cabe merah yang diiris tipis. Bumbu yang ditambahkan untuk dikukus: tomat hijau, belimbing wuluh, dan cabe rawit.
Cara membuatnya, setelah dibersihkan ayam dipotong kecil-kecil, lalu direbus dengan bumbu untuk kaldu. Jangan lupa untuk membuang buih yang dihasilkan ketika membuat kaldu, agar kaldunya makin maknyuus. Tumis atau ‘gongso’ sebentar bumbu yang harus di’gongso’, tumis hingga harum dan sedikit layu. Lalu bungkus dalam daun pisang (lapisan daun pisang, plastik, daun pisang lagi), 3-4 potong ayam ditambah sesendok makan bumbu tumisan dan bumbu tambahan secukupnya, tambahkan kaldu secukupnya, bungkus. Lakukan hingga potongan ayam terakhir. Setelah semua terbungkus, lalu kukus selama 20-30 menit. Garang Asem pun siap dihidangkan. Rasanya segar dengan kuah bening yang maknyuuus. Kalau tidak memakan cabe rawitnya, tidak terasa pedas. Yang pasti segar dan yummy.
Terima kasih telah mampir dan membaca tulisanku. Semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi.

Yogyakarta, 14 Juli 2015
@MayHpt06

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s