Tips dan Trik Sehari-hari #1 -cara mengurangi bau tak sedap terasi-

Posted on Updated on

Saat keluar kota atau saat mudik ke kampung halaman, pastinya kita ingin membawa buah tangan untuk kenalan di tempat tinggal maupun untuk diri pribadi.

Aku salah satunya, kebetulan kota kelahiranku terkenal dengan hasil lautnya, diantaranya terasi dan kerupuk ikan maupun kerupuk udang. Ada juga selain hasil laut yaitu sirup kawista khas Rembang. Lalu ada kacang atom cap ‘anggrek’ dan kacang ‘entis’ khas Pamotan (salah satu kecamatan di Rembang).
Sekarang  ini aku tinggal dan mencoba peruntungan rejekiku di kota gudeg, terkadang beberapa kenalanku meminta tolong padaku untuk membelikan beberapa produk khas dari Rembang. Terutama Terasi dan sirup Kawista, kedua produk tersebut memang cukup terkenal, selain karena rasanya yang enak, harganya juga terjangkau.
Tapi ada kendala yang harus kuhadapi kalau aku harus membelikan terasi, karena terasi itu baunya kurang sedap, meski rasa masakan jadi makin enyaaak saat ditambahkan terasi sebagai bumbu pelengkap. Belum lagi, gak mungkin aku hanya membawa terasi (ukurannya kecil) sendiri dari Rembang ke Jogja, pasti kucampur dengan barangku yang lain. Tapi, ya gitu, baunya sangat berpotensi mengkontaminasi barang yang lain. Belum lagi kalau sampai bau itu semerbak keluar tas, dapat berpotensi menyebabkan polusi udara di kendaraan yang kunaiki.
Alhamdulillah, ada beberapa cara untuk mengurangi bau tidak sedap dari terasi saat di perjalanan. Yang pertama, gunakan wadah yang sangat tertutup rapat, kedap udara, jadi bau terasi gak sempat keluar. Kedua, bungkus terasi dengan plastik, lalu masukkan ke plastik lain yang telah ditaburi bubuk kopi. Ketiga, bungkus terasi dengan plastik, lalu masukkan ke plastik yang berisi arang kayu. Cara terakhir yang baru saja kucoba, bungkus terasi dengan daun pepaya segar, setebal 2-3 lapisan daun pepaya, lalu bungkus plastik. Dijamin beberapa cara tersebut dapat mengamankan bau tidak sedap terasi.
Demikian tips dan trik dalam mengurangi bau tidak sedap terasi pada saat proses pengiriman. Karena sambal terasi tanpa terasi pastilah ada rasa yang kurang. Dan lagi terasi dari Rembang gak kalah enak rasanya dari terasi dari daerah lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

@mayhpt06

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s