Resep Opor Ayam Ala Tuyuhan (Opor khas daerah Rembang, Jawa Tengah)

Posted on

Opor Ayam Ala Tuyuhan

Hai, apa kabar? Lama sekali tak bersua, kali ini aku mau berbagi resep Opor, tapi bukan opor pada umumnya. Opor ini cukup terkenal di daerah asalku, biasanya disajikan dengan lontong, dan terkenal dengan sebutan lontong Tuyuhan. Tuyuhan adalah nama daerah di Rembang, Jawa Tengah. Kenapa berbeda?

Kalo opor pada umumnya rasanya cenderung gurih dengan kuah santan yang kental, Opor ala Tuyuhan tidak begitu. Rasanya lebih ringan karena santannya lebih encer, terus agak sedikit pedas. Penasaran bagaimana cara membuatnya, simak tulisanku berikut ini ya.

Bahan yang diperlukan: Seekor ayam kampung, tahu secukupnya (optional), tempe secukupnya (optional)

Bumbu: Yang dihaluskan= bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, jinten, merica(sedikit saja), jahe, kencur, kunyit, daun jeruk, dan pala. Jangan lupa masukkan cabai merah yang sudah dikukus.

Bumbu tambahan= minyak goreng, lengkuas, daun salam, serai, santan, dan mesoyi (seperti kulit pohon, mirip kayu manis tapi aromanya berbeda).

Cara membuatnya:

1. Cuci bersih ayam, dan rebus dengan lengkuas dan daun salam, saat mulai mendidih buang buih yg terbentuk. Biarkan hingga ayam empuk, lalu matikan kompor dan diamkan sejenak.

2. Panaskan minyak goreng, dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai yang sudah dimemarkan, dan mesoyi. Tumis hingga harum, setelah itu masukkan ayam beserta air kaldunya. Tambahkan air secukupnya.

3. Tambahkan garam dan gula, setelah mendidih masukkan santan, aduk, dan tunggu hingga mendidih, dan selesai. Jangan lupa ditaburi dengan bawang goreng, biar lebih sedap.

Yup, selamat mencoba, bisa disajikan dengan lontong ataupun nasi. (^_^)/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s